Senin, 25 Juli 2011

Metode Penelitian

Penelitian berhubungan dengan usaha untuk mengetahui sesuatu. Ada dua cara yang pernah digunakan oleh para ahli dalam upaya mencari tahu sesuatu pengetahuan yang baru yaitu cara atau pendekatan rasional dan empiris.

  1. Rasional, pendekatan rasional merupakan suatu cara untuk mencari tahu sesuatu pengetahuan yang baru dengan anggapan bahwa segala sesuatu yang ingin dikatehui itu ada di dalam pikiran manusia. Adalah kemampuan seseorang untuk berfikir, dengan menggunakan akal sehat atau rasional, untuk menemukan pengetahuan tersebut dari pikirannya. 
  2. Empiris, menurut pendekatan empiris pengetahuan diperoleh dari hasil pengamatan terhadap fenomena yang terjadi. Jawaban atas suatu permasalahan ada pada obyek di mana masalah tersebut berada dan bukan di dalam pikiran seseorang. Pada pendekatan empiris, pengetahuan didasarkan atas fakta - fakta yang diperoleh dari hasil penelitian dan observasi. Salah satu bagian dari pendekatan empiris adalah metode ilmiah.
Metode ilmiah merupakan suatu cara mempereoleh pengetahuan yang baru atau suatu cara untuk menjawab permasalahan - permasalahan penelitian yang dilakukan secara ilmiah. Adapun langkah - langkah umum metode ilmiah dapat dilihat dari bagan dibawah ini.




Secara umum metode ilmiah dimulai dengan mengidentifikasi masalah. Setelah masalah teridentifikasi langkah berikutnya adalah merumuskan hipotesis. Hipotesis dapat diartikan sebagai jawaban sementara atas permasalahan penelitian yang kebenarannya masih diuji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar