Jumat, 16 Maret 2012

INOVASI #part1





KTI hmmm karya tulis ilmiah salah satu yang sering bikin galau di semester 6. KTI kebidanan itu banyak macemnya, bisa penelitian, studi literature, studi kasus atau inovasi. Nah inovasi, bikin satu program di suatu tempat, ini salah satu jenis KTI yang disukain sama dosen pembimbing saya. Inovasi itu jenis KTI yang paling ribet bet, pertama dari waktu, kedua biaya, emang sih bagus sebenernya bisa aplikasiin teori atau ilmu ke lapangan, tapi hmmmm… Cuma beliau aja nih yang suka inovasi padahal dosen lain ga ada tuh yang ngarahin mahasiswanya buat inovasi… studi literature yang saya ajuin Cuma bisa bertahan satu bulan doang, sampe disitu stak ganti inovasi. “ peb, udah inovasi aja, dari awal kenapa ibu ga suka literature, literature itu susah, udah ganti inovasi aja, coba bikin inovasi tentang tumbuh kembang anak” … hmmm, oke bu saya ikutin aja biar lancar segalanya. Beberapa hari kemudian nelepon ibu “bu, ini febri, rencananya mau inovasi tumbang di paud margaasih bu, gimana? “ … kata ibu “udah peb, dari pada inovasi tumbang, mening 


bikin inovasi kelas ibu balita, belum pernah ada kan, itu bagus, ibu setuju
 ibu suka” …. Hmmm, oke bu saya ikutin. Galau terus ga dapet – dapet tempat buat kelas ibu balita, udah dapet di daerah kabupaten bandung, beliau kurang setuju. GALAU, ampir 2 minggu GALAU ga ada kepastian ditambah PKK3 semakin GALAU, semakin GALAU saat dapet tempat PKK3 yang ngejadiin saya babu. Teringat sosok bidan baik yang pernah menjadi tempat praktik saya saat PKK1 di daerah dago. Saya mencoba menelfon, Alhamdulillah beliau bisa membantu walau tidak secara langsung. Beliau punya kenalan bidan yang bekerja di puskesmas daerah cikutra yaitu bidan rake. Kebetulan saya kenal dengan kader posyandu RW 05 teh tita, Alhamdulillah semakin banyak orang yang mendukung. Tinggal mengurus surat izin kesbang kota bandung dan surat dinkes, tanpa surat itu berbagai kegiatan baik inovasi atau penelitian tidak bisa dilakukan jika berkaitan dengan institusi milik pemerintah. Alhamdulillah, dari mulai mengurus surat dari kampus, mengurus surat di kesbang kota bandung cukup lancar, walau saya harus sedikit melawan pengurusnya, tapi dalam 20 menit surat itu sudah jadi. Di hari yang sama saya mengurus surat ke dinas kesehatan. Sedikit bingung karena saya tidak tau dimana itu, ternyata sudah 3 putaran saya melewatinya hahahaha. Sampai disana, saya diterima oleh petugas bagian umum dinkes kota bandung, ibu yeyet.. beliau sangat baik, sangat sangat sangat malah. Setelah mengurus segala surat, saya harus menunggu sekitar 1 minggu agar surat tersebut turun.

#seminggu kemudian
Dihari sebelumnya, saya menelfo bu yeyet untuk menanyakan kepastian surat dinkes tersebut. Alhamdulillah sudah turun, dan sudah dapat diambil. pagi hari sekitar jam 9, saya menemui bu yeyet di ruangannya, setelah itu saya diminta ke bagian bina program dinkes kota bandung. Sampai disana sedikit syok, karena katanya surat tersebut belum turun, bagian bina program meminta saya kembali ke bu yeyet, oke saya kembali. Bu yeyet sedikit bingung, dan merasa kasian pada saya, sudah jauh jauh, ijin tidak masuk praktek hari ini di RS untuk PKK3, padahal surat sudah turun 2 hari yang lalu, karena itu beliau bilang sudah dapat diambil pagi ini. Saya bersama bu yeyet kembali ke bagian bina program kesehatan. Saya duduk menunggu dan bu yeyet berusaha mencari surat izin inovasi saya. Disela menunggu, saya duduk disebelah seorang bapak yang sedang makan kwetiau, wangi beud, hahaha, sambil ngobrol nanya nanya tentang kampus saya. #sekilas…

“feb, suratnya udh turun, tapi kayanya disimpan sama siswa, kan ada siswa yang magang disini, kayanya disimpan dimana gitu, karena petugas disini sedang rapat waktu itu, yu sekarang tunggu diruangan ibu aja, lagi di cariin, nanti kalo udah ada di kasih tau lagi” ujarnya. Kembalilah kami ke ruangan bu yeyet. Di koridor ruangan dinas kesehatan, tidak sengaja saya bertemu dengan dosen yang menurut saya paling paling baik, ibu inna. Beliau sangat baik, ngobrol lah kami sebentar. Setelah itu kami berpisah karena beliau harus mengurus surat MOU di bagian…. Bagian apa yah lupa hehehehe.

#saya menunggu di ruangan bu yeyet kurang lebih setengah jam…
Alhamdulillah, suratnya ketemu, dan bisa diambil di ruang bina program kesehatan. Kembali lagi saya ke ruangan tersebut, ini brarti sudah 3 kali balikan saya harus ke lantai 2… hmmmm #cape…
Kata petugas bina program, “de, ini di fotokopi dulu seperlunya, setelah itu ke bu yeyet minta untuk di cap” … balik lagi balik lagi, hadeuh udh gempor. SEMANGAT :D , di koridor menuju tempat fotokopian, saya baca surat tersebut, LHO? INI KO IZIN KELAS IBU HAMIL ???????? aduh pikiran langsung galau, masa bikin surat lagi gara gara salah namanya, harusnya kan klas ibu balita. Bikin kaya gini kan lama nunggu seminggu. Ke bu yeyet lah saya, Alhamdulillah ih beliau asliining bageur sekali. Beres aja ceritanya itu surat udah bener jadi kelas ibu balita. Balik lagi ke tukang fotokopian, kembali ke buyeyet, cap aja. Ahhhh Alhamdulillah rebessssssss. Caw ke puskesmas sekarang buat nyerahin surat dinkes. Sampai disana, ketemu bidan rake dan kepala puskesmas dr.yohanes, aduh itu dokter udah masih muda, baik cakep, kesemsem #eh… Alhamdulillah kegiatan kelas ibu balita udah mulai bisa dilaksanakan. Saya ke RW 05 dulu nih ketemu teh tita, ngobrol ngobrol, saya dianter ke ibu RT nya, ngobrol ngobrol, Alhamdulillah lancarrrrrrrrrr….

Bagian pertama inovasi lancar, segala surat udah diurus, semoga kegiatan kedepannya berlangsung lancar juga, makasih syekali buat bu inna udah ngegampangin bikin surat dari kampus walau saya sering bulak balik, bu yeyet bagian kepegawaian umum dinkes kota bandung yang baik baik baik bangeut, petugas kesbang, baik sih tapi harus rada nasteung dulu hehehe, petugas bina program kesehatan, bapak bapak yg makan kwetiau udah ngajak ngobrol, dr.yohannes yang muda baik ramah ganteng hehe sama bidan rake, eh lupa  teh tita, bu RT, dan spesyial bidan erna sama the bidan leni, tanpa beliau – beliau ini ga akan bisa dimulai. Saya galau dan datang ke orang – orang yang tepat. SEMANGAT BUAT SOSIALISASI KELAS IBU BALITA :DDDDD !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar