A.
Pengertian
Inovasi
Inovasi (Innovation)
ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai
suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu
berupa hasil invention maupun diskoveri (Syaefudin, 2010).
Menurut Subekti (2007) inovasi adalah
segala sesuatu ide, cara-cara ataupun obyek yang dipersepsikan olehseseorang
sebagai sesuatu yang baru dan merupakan segala perubahan yang dirasakan sebagai
sesuatu yang baru oleh masyarakat yang mengalaminya.
B.
Pengertian
Difusi dan Diseminasi Inovasi
Difusi ialah proses
komunikasi inovasi antara warga masyarakat (anggota sistem
sosial), dengan menggunakan saluran tertentu
dan dalam waktu tertentu.
Komunikasi dalam definisi ini ditekankan dalam arti terjadinya saling tukar
informasi (hubungan timbal balik), antar beberapa individu baik secara memusat
(konvergen) maupun memencar (divergen) yang berlangsung ecara spontan.
Dengan adanya komunikasi
ini akan terjadi
kesamaan pendapat antar warga masyarakat tentang inovasi. Jadi difusi
dapat merupakan salah satu tipe komunikai yakni komunikasi yang mempunyai ciri
pokok, pesan yang dikomunikasikan adalah hal yang baru (inovasi).
Diseminasi adalah proses penyebaran
inovasi yang direncanakan, diarahkan, dan dikelola. Jadi kalau difusi terjadi
secara spontan, maka diseminasi
dengan perencanaan.
C.
Elemen
Difusi Inovasi
Rogers mengemukakan ada 4 elemen pokok
difusi inovasi, yaitu :
1. Inovasi
Inovasi ialah suatu ide, barang,
kejadian, metode yang diamati sebagai suatu yang baru bagi seseorang atau
sekelompok orang, baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang diadakan untuk
mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya
informasi akan memperjelas arah
inovasi tersebut. Rogers membedakan dua macam informasi, pertama informasi yang
berkaitan dengan pertanyaan “ Apa inovasi (hal yang baru) itu?”, “Bagaimana
menggunakannya?”, “Mengapa perlu itu?”. Informasi yang kedua berkaitan dengan
penilaian inovasi atau berkaitan
dengan pertanyaan “Apa manfaat
menerapkan inovasi?”. “Apa konsekuensinya menggunakan inovasi?.”
Jika anggota sistem sosial (warga
masyarakat) yang menjadi sasaran inovasi
dapat memperoleh informasi
yang dapat menjawab
berbagai pertanyaan tersebut dengan
jelas, maka akan
hilanglah ketidak tentuan terhadap inovasi. Mereka telah
memperoleh pengertian yang mantap apa inovasi itu. Mereka akan menerima dan
juga menerapkan inovasi. Cepat lambatnya proses penerimaan inovasi dipengaruhi
juga oleh atribut dan karakteristik inovasi.
2. Komunikasi
dengan saluran tertentu
Komunikasi dalam
difusi inovasi ini
diartikan sebagai proses pertukaran informasi antara
anggota sistem sosial, sehingga terjadi saling pengertian antara satu dengan yang
lain. Saluran komunikasi merupakan alat untuk menyampaikan informasi dari
seorang ke orang lain. Saluran interpersonal (hubungan secara langsung antar
individu), lebih efektif untuk mempengaruhi atau membujuk seseorang agar mau
menerima inovasi, terutama antara orang yang bersahabat atau mempunyai hubungan
yang erat. Dalam penggunaan saluran interpersonal dapat juga terjadi hubungan
untuk beberapa orang, dengan kata lain saluran interpersonal dapat dilakukan
dalam suatu kelompok.
3. Waktu
Waktu adalah elemen yang penting dalam
proses difusi, karena waktu merupakan aspek utama dalam proses komunikasi. Peranan
dimensi waktu dalam proses difusi terdapat pada tiga hal sebagai berikut:
a. Proses
keputusan inovasi ialah proses sejak seseorang mengetahui inovasi pertama kali
sampai ia memutuskan
untuk menerima atau
menolak inovasi.
b. Kepekaan
seseorang terhadap inovasi. Tidak semua orang dalam suatu sistem sosial
menerima inovasi dalam
waktu yang sama.
Mereka menerima inovasi dari urutan waktu, artinya ada yang dahulu ada
yang kemudian. Orang yang menerima inovasi lebih dahulu secara reletif lebih
peka terhadap inovasi daripada yang menerima inovasi lebih akhir. Jadi kepekaan
inovasi ditandai dengan lebih dahulunya seseorang menerima inovasi dari yang
lain dalam suatu sistem sosial (masyarakat).
c. Kecepatan
penerimaan inovasi ialah kecepatan relatif diterimanya inovasi oleh warga
masyarakat. Kecepatan inovasi biasanya diukur berdasarkan lamanya waktu yang
diperlukan untuk mencapai prosentase tertentu dari jumlah waktu masyarkat yang
telah menerima inovasi. Oleh karen itu pengkuran kecepatan inovasi cenderung
diukur dengan berdasarkan tinjauan penerimaan inovasi oleh keseluruhan warga
masyarakat bukan penerimaan inovasi secara individual.
4. Warga Masyarakat (anggota sistem sosial)
Warga Masyarakat (anggota sistem sosial)
ialah hubungan (interaksi antar individu atau orang dengan bekerja sama untuk
memecahkan masalah guna mencapai tujuan tertentu.
D.
Proses
Inovasi
Berikut
ini diberikan uraian
secara singkat proses
inovasi dalam organisasi menurut
Zaltman, Duncan, dan Holbek (1973). Zaltman dan kawan-kawan membagi proses
inovasi dalam organisasi menjadi
dua tahap yaitu
tahap permulaan (initiation stage)
dan tahap implementasi (implementation stage).
1. Tahap
Permulaan (Intiation Stage)
a. Langkah pengetahuan dan kesadaran
Sebelum inovasi dapat diterima calon
penerima harus sudah menyadari bahwa ada inovasi, dan dengan demikian ada
kesempatan untuk menggunakan inovasi dalam organisasi. Jika pimpinan sadar
bahwa terdapat suatu kertetinggalan, kemudian akan merubah hasil yang
diharapkan dan menciptakan inovasi.
b. Langkah
pembentukan sikap terhadap inovasi
Dalam tahap ini anggota organisasi
membentuk sikap terhadap inovasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap
terhadap inovasi memegang peranan yang penting untuk menimbulkan motivasi untuk
ingin berubah atau mau menerima inovasi. Ada dua hal dari dimensi sikap yang
dapat ditunjukkan anggota organisasi terhadap adanya inovasi yaitu:
1) Sikap
terbuka terhadap inovasi
2) Memiliki
persepsi tentang potensi inovasi
c. Langkah
pengambilan keputusan
Jika unit pengambil keputusan dalam
organisasi menganggap bahwa inovasi itu memang dapat diterima dan ia senang
untuk menerimanya maka inovasi akan diterima dan diterapkan. Demikian pula
sebaliknya jika unit pengambil keputusan tidak menyukai inovasi dan menganggap
inovasi tidak bermanfaat maka ia akan
menolaknya. Pada saat
akan mengambil keputusan
peranan komunikasi sangat penting untuk memeperoleh informasi yang
sebanyak-banyaknya tentang inovasi.
2. Tahap
Implementasi (Implementation Stage)
a. Langkah awal (permulaan) implementasi
Pada langkah ini organisasi mencoba
menerapkan sebagian inovasi. Misalnya setelah Dekan memutuskan bahwa semua
dosen harus membuat persiapan mengajar dengan model Satuan Acara perkuliahan,
maka pada awal penerapannya setiap dosen diwajibkan membuat untuk satu mata
kuliah dulu, sebelum nanti akan berlaku untuk semua mata kuliah.
b. Langkah
kelanjutan pembinaan penerapan inovasi
Jika pada penerapan awal telah
berhasil, para anggota telah mengetahui dan memahami inovasi, serta memperoleh
pengalaman dalam menerapkannya, maka tinggal melanjutkan dan menjaga kelangsungannya
(Syaefudin, 2010).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar