Selasa, 27 September 2011

Belajar Anak TK :D

 



Kebidanan..

Kuliahnya macem - macem ternyata, sampe bikin kaya yang biasa anak TK bikin pun kami pelajari. Tapi beda dong, ya sekilas mirip membuat gambar berwarnam, rumah, sawah, sungai, lapang bola kaya yang di samping ini.



Tapi sebenernya ini emang ada kaitannya sama kebidanan ko, kita lagi kuliah Asuhan Kebidanan 5 (komunitas). Jadi ini semacam gimana sih bidan menggerakan masyarakat buat nyelesein masalah yang ada di masyarakat itu sendiri, berbasis dari oleh dan untuk masyarakat.






 
Sebenernya banyak metode penyelesaian masalah yang bisa kita lakuin kalo ada di komunitas, kaya transect, diagram venn, pemetaan, kalender musim, pohon masalah melalui focus group discussion. Nah dari gambar - gambar ini contoh dari pemetaan. Jadi kita dengan masyarakat bersama - sama menganalisis berapa sih jumlah ibu hamil, ibu nifas, bayi, balita, remaja, pasangan usia subur, wanita usia subur, lansia, yang kita gambarkan pake simbol di peta itu. Kaitannya apa? tentunya buat mempermudah bidan memberikan pelayanan kepada masyarakat. 


Semoga ngga cuma dikelas kita bisa mengaplikasikan pendekatan penyelesaian masalah di masyarakat ini, saat kita terjun di masyarakat semoga masyarakat dimana kita nanti PBL komunitas, kita diterima oleh masyarakat dan dapat membantu mengkordinir masyarakat untuk menyelesesaikan masalah yang ada disekitar wilayah masyarakat tsb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar